Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Buah naga adalah buah dari tanaman jenis kaktus yang berasal dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah yang bisa dibudidaya dengan cara stek atau penyemaian biji ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Jadi buah naga bukan buah asli Indonesia, melainkan buah yang berasal dari luar namun dibudidayakan di Indonesia. Mungkin karena struktur tanah dan cuaca Indonesia mirip seperti daerah asalnya, maka buah naga terlihat menjamur di Indonesia. Selain dibudidayakan di Indonesia, buah naga juga berhasil dibudidayakan di sejumlah negara Asia seperti Taiwan, Filipina, Malaysia, sampai Tiongkok. 

Jenis-Jenis Buah Naga
Selain buah naga yang sering kita jumpai, ternyata ada beberapa jenis atau varietas buah naga yang ada di dunia. Berikut adalah jenis-jenis buah naga.

Hylocereus Undatus
Varietas ini memiliki buah yang berwarna merah namun daging buahnya berwarna putih.
Hylocereus Polyrhizus
Pada jenis ini, buah berwarna merah muda dan daging berwarna merah.
Selenicereus Megalanthus
Varietas ini mempunyai kulit buah yang berwarnakuning, namun daging buahnya berwarna putih.
Hylocereus Costaricensis
Buah naga ini mempunyai permukaan berwarna merah dan dagingnya berwarna merah gelap.

Buah naga merupakan salah satu buah yang memiliki banyak khasiat untuk membantu dan mengatasi berbagai penyakit. Berikut adalah manfaat dari buah naga.

Mencegah Kanker
Manfaat pertama dari buah naga adalah mampu membantu bahkan menyembuhkan kanker. Hal ini karena buah naga mengandungvitamin yang kompleks dan menjadi salah satu buah yang disarankan olehdokter sebagai buah terapi penyembuhan. Jadi bagi kalian yang ingin mengobati kanker secara alami, makanlah buah naga sekarang juga.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan mempercantik penampilan
Buah naga menjadi salah satu buah yang kandungan vitamin C nya sangat tinggi, dengan demikian buah naga dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih sehat. Menurut penelitian pada tahun 2011, daging dan kulit buah naga merah mempunyai kandungan polifenol dan flavonoid tinggi yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas. Selain itu, buah naga juga bermanfaat untuk mempercantik kulit dengan cara daging buahnya dijadikan bahan lulur kulit.

Memperlancar Pencernaan
Buah naga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga mampu memperlancar pencernaan. Hal ini karena di dalam buah naga terdapat kandungan oligosakarida yang dapat membantumeningkatkan pertumbuhan bakteri usus. Jadi bagi anda yang sekarang mengalami sembelit dan pencernaan kurang lancer, coba makan buah naga secara teratur.

Mampu mengontrol Diabetes
Buah naga memang rasanya  manis, namun rasa manis di sini bukan berasal dari glukosa, maka dari itu buah naga dipercaya mampu mengontrol penyakit diabetes. Konsumsilah buah naga secara teratur, sehingga nantinya kadar gula darah menurun dan diabetes menjadi lebih terkontrol.

Mencegah Anemia
Manfaat selanjutnya dari buah naga adalah mampu mencegah anemia, karena di dalam buah ini terdapat zat besi yang berfungsi untukmeningkatkan kadar hemoglobin pada penderita anemia atau kurang darah.

Itulah artikel yang membahas tentang manfaat buah naga bagi kesehatan. Smeoga artikel kali ini menjadi bermanfaat bagi kita semua. Terus support blog ini sehingga mampu memberikan artikel-artikel berkualitas dan bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel