Materi Tes Analogi, Contoh Soal, dan Pembahasan

Materi Tes Analogi, Contoh Soal, dan Pembahasan
Sumber Gambar

TIU (Tes Intelegensia Umum) merupakan salah satu dari serangkaian tes yang akan dijalani saat kalian nanti mengikuti seleksi penerimaan CPNS. TIU terdiri dari tes analogi, sinonim, antonim, pengelompokan kata, pemahaman bacaan, deret angka, deret huruf, hitung cepat, penalaran logis, penalaran analitis, dan soal cerita matematika. Pada seleksi penerimaan CPNS tahun lalu, tes TIU ada soal baru dengan materi deret gambar.

Pada artikel kali ini saya akan membahas salah satu materi tes TIU, yaitu tes analogi. pada artikel ini, nanti akan kita bahas pengertian tes analogi, tujuan, serta trik dan tips saat kita akan mengerjakan jenis tes analogi ini. Oke langsung saja.

Pengertian Tes Analogi
Tes analogi merupakan salah satu bentuk tes kempuan verbal yang dikerjakan dengan menentukan hubungan makna dari dua kata. tes analogi juga sering disebut dengan tes padanan kata. Melalui tes ini, kemampuan dan pengetahuan seseorang dalam mengarikan kata, dan pemakaian serta padanan fungsi dengan kata yang lain dapat diketahui.

Tujuan dan Fungsi Tes Analogi
Rangkaian tes yang akan dijalani saat seleksi penerimaan CPNS tentu mempunyai tujuan dan fungsi, karena nantinya kita akan bekerja pada instansi pemerintah dan menjadi pelayan masyarakat. Tentu kita harus mempunyai wawasan dan pengetahuan yang mumpuni. Nah, ini adalah tujuan dan fungsi dari tes analogi.

Tujuan dan fungsi dari tes analogi ini yang pertama adalah untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam menentukan persamaan hubungan makna dari dua kata, yang kedua adalah untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam mengartikan kata, fungsi kata, hubungan antar kata, dan pemakaian serta padanan fungsi dengan kata yang lain, dan yang terakhir adalah untuk mengetahui pengetahuan dan wawasan seseorang serta untuk mengetahui ketelitian dan kejelian seseorang.

Tips dan Trik Menghadapi Tes Analogi
Menjadi PNS merupakan dambaan setiap orang, nah untuk menuju tahap ini kalian harus berjuang maksimal saat seleksi penerimaan CPNS. Karena nanti kalian akan dihadapkan dengan Tes TWK, TIU, dan TKP. Namun tak jadi masalah jika kalian mempersiapkan semuanya denga baik jauh hari sebelum tes. Maka dari itu mulailah belajar dari sekarang, jangan menunggu sampai nanti. Nah, berikut akan saya sampaikan tips dan trik cara mengerjakan soal tes analogi.

Perbanyak kegiatan literasi, yaitu kegiatan membaca buku atau literatur yang mendukung, karena seperti halnya tes sinonim dan antonim, dalam tes ini keleluasaan pengetahuan dan wawasan seseorang juga dapat dilihat.

Perbanyaklah perbendaharaan kosa kata, dengan jeli mencari/membaca arti kosa kata yang baru didapat, kalau perlu dicatat. yang berasal dari dalam kamus besar bahasa Indonesia.

Perbanyak berlatih mengerjakan soal-soal padanan hubungan kata/analogi.

Hal yang paling penting dalam mengerjakan soal tes analogi adalah menemukan kata kunci atau hubungan khusus dari dua atau lebih kata yang disajikan. Semakin khusus/spesifik, maka akan semakin mudah untuk menemukan hubungan yang sesuai.

Contoh Soal Tes Analogi
BEBEK:AYAM
a. Kuda:Jalak
b. Sapi:Lele
c.Laron:Cicak
d. Nila:Hiu
e. Kunang-kunang:Kalkun

Jika ditentukan hubungannya adalah sama-sama hewan, maka itu masih terlalu umum, dan semua pilihan jawaban benar. Tetapi, bila ditentukan hubungannya yang lebih khusus/spesifik, bahwa BEBEK:AYAM adlah sama-sama unggas, maka jawaban yang tepat adalah Nila:Hiu, yaitu sama-sama ikan.

Oke, akan saya kasih lagi tipsnya

Bila kalian telah menemukan hubungan kata, tetapi masih mengalami kesulitan, maka buatlah kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat dengan menggunakan analogi yang ada.

Hubungan kata harus mempunyai urutan yang sejalan/searah dengan soal.

Saya kasih contoh kembali.

KEPALA:TOPI
a. Kuas:Lukis
b. Bangku:Taman
c. Bibir:Lipstik
d.Gelang:Tangan
e.Sendal:Kaki

Topi dikenakan di kepala (urutannya topi dulu, baru kepala). Bila menentukan jawaban, maka urutannya juga harus dari belakang. Tidak boleh memilih 'gelangdikenakan di tangan', karena urutannya akan terbalik. Jadi, hubungan kata yang mempunyai urutan yang sama dengan soal adalah lipstik dikenakan di bibir. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah opsi C.

Beberapa Contoh Soal Tes Analogi yang Sering Keluar saat Tes CPNS
MERPATI:NURI (Kelompok burung)
Cupang:Pari (kelompok Ikan)

BELAJAR:PANDAI (Banyak belajar agar pandai)
Berpikir:Arif (Banyak berpikir agar menjadi arif)

KAMPUNG:SAWAH (di kampung banyak dijumpai sawah)
Kota:Gedung (DI kota banyak dijumpai gedung)

JANJI:BUKTI (Janji harus disertai dengan bukti)
Ucapan:Tindakan (Ucapan harus disertai dengan tindakan)

SUNGAI:JEMBATAN (agar bisa melewati sungai, harus mencari jembatan)
Masalah:Jalan Keluar (Agar bisa melewati masalah, maka harus dicari jalan keluarnya)

Beberapa Contoh Soal Pendalaman
MADURA:JAGUNG=
a. Gudeg:Jogja
b. Maluku:Sagu
c. Kecak:Bali
d. Kelapa:Pantai
e. Padi:Sawah

BONGSOR:KERDIL=
a. Tingi:Besar
b. Terbesar:Super
c. Gemuk:Sempit
d. Hijau:Subur
e. Jelita:Jelek

BALON:UDARA=
a. Mobil:Supir
b. Tanah:Rumah
c. Bantal:Kapuk
d. Minyak:Wajan
e. Semen:Pasir

NANGKA:DURIAN=
a.Rambutan:Mangga
b. Semangka:Salak
c. Apel:Pir
d. Sawo:Nanas
e. Semen:Pasir

TELEVISI:RADIO
a. Telepon:SUara
b. Gambar:Video
c. Berita:Majalah
d. Surat Kabar:Buletin
e. Video:Film

PADI:SAWAH
a. Udang:Tambak
b. Jalan Raya:Mobil
c. Sayur:Pasar
d. Sekolah:Guru
e. Labu:Sayur

PRESIDEN:NEGARA
a. Warga:Wilayah
b. Kampung:Desa
c. Ayah:Keluarga
d. Adik:Kakak
e. Saudara:Sahabat

PANCI:SUP
a. Air:Gelas
b. Panci:Wajan
c. Poci:Teh
d. Kompor:Gas
e. Api:Korek

Gambyong:Penari
a. Film:Cerita
b. Sandiwara:Naskah
c. Drama:Teater
d. Opera:Dramawan
e. Sastrawan:Prosa

BENSIN:MOTOR=
a. Sapi:Rumput
b. Ikan:Roti
c. Burung:Udara
d. Pesawat:Mesin
e. Roda:Mobil





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel